Bollinger Bands

Bollinger Bands (BB) adalah jenis grafik statistik yang menggambarkan volatilitas pergerakan harga dari waktu ke waktu dalam perdagangan trading. Yang bertujuan untuk memberikan definisi relatif dari harga tinggi dan rendah suatu pasar. Menurut definisi, harga tinggi di garis atas dan rendah di garis bawah. Bollinger Bands bergerak mengikuti pergerakan harga setiap candle sesuai time frame yang digunakan. Semakin tinggi ukuran candle yang terbentuk, maka garis BB yang paling atas akan terbentuk semakin melebar dan menukik tajam. Yang mana akan diikuti garis bawah yang akan terbentuk dengan arah sebaliknya yaitu menukik ke bawah.

Jika pergerakan harga terus naik dan candle yang terbentuk semakin panjang (candle yang terbentuk terisi penuh) dan masih bersentuhan dengan Bollinger Bands atas maka ini memberikan sinyal harga masih berpotensi kuat untuk bergerak naik. Sebaliknya jika candle yang terbentuk semakin panjang (candle yang terbentuk terisi sebagian dan membentuk ekor panjang) maka ini merupakan sinyal untuk pergerakan harga berbalik turun di time frame berikutnya. Apabila candle yang terbentuk berada di luar garis Bollinger Bands atas atau garis bawah itu merupakan sinyal pembalikan tren harga di market. Ini merupakan peluang profit untuk entry posisi di market.

IndikatorBollinger Bands tanpa candle stick

Tingkat Akurasi Bollinger Bands

Untuk keakuratan indikator ini di market berdasarkan penelusuran saya beberapa bulan terakhir prosentasenya 70 : 30. (artinya ditemukan candle-candle yang berada diluar Bollinger Bands yang benar ada 7 kali dan yang salah ada 3 kali). Apabila anda menggunakan BB sebagai indikator untuk bertransaksi maka kesempatan untuk bertransaksi pada saat ada candle di luar garis bollinger bands tersebut sangat membantu untuk entry posisi di market. Waktu entry posisi yang tepat adalah di time frame berikutnya setelah badan dari candle tersebut terbentuk di luar garis atas atau bawah. Semakin besar time frame yang digunakan semakin akurat dalam mendapatkan peluang profit.

Keuntungan Menggunakan MT5

Trading merupakan salah satu bisnis yang lagi booming saat pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Dalam bisnis trading ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga dan cara mendapatkan profit atau keuntungan dari transaksi yang dilakukan.

Bisnis trading memberikan banyak peluang untuk mendapatkan profit atau keuntungan dalam jangka waktu yang cukup singkat dan mudah dengan menggunakan aplikasi Metatrader 5. Kenapa metatrader 5, karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai indikator yang dapat mempermudah anda dalam bertransaksi dan juga memiliki pilihan time frame yang lengkap. Selamat bertransaksi di bisnis ini, anda adalah orang yang sangat beruntung dan diberkati.

Trading Tools

Penulis

Natalia Sambira

[email protected]