TWO VERY IMPORTANT THINGS THIS WEEK

TWO VERY IMPORTANT THINGS THIS WEEK

TWO VERY IMPORTANT THINGS THIS WEEK

US CPI

US CPI – Selasa 13 Juni 2023 : salah satu tren penting yang telah kita lihat dalam beberapa bulan terakhir adalah betapa cepatnya inflasi umum di Amerika menurun. Pada bulan Juni tahun lalu, CPI Amerika mencapai puncaknya di 9,1% dan terus menurun sejak saat itu. Tren penurunan ini telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Setelah mengakhiri tahun lalu pada 6,5%.

Pada bulan April, CPI Amerika turun menjadi 4,9% dan merupakan level terendah dalam 2 tahun terakhir, sementara harga-harga inti melambat menjadi 5,5%. Penurunan tajam pada harga energi, serta harga komoditas lainnya telah mempercepat tren ini meskipun harga makanan tetap bertahan. Meskipun demikian, perlambatan inflasi umum telah mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve mungkin akan mempertahankan suku bunga minggu ini. Setelah menaikkan suku bunga pada setiap pertemuan sejak Maret tahun lalu. Harga-harga di tingkat pabrik atau PPI juga telah turun, dengan harga-harga inti berada di 3,2%. Setelah mencapai 9,7% lebih dari setahun yang lalu. Angka-angka CPI bulan Mei minggu ini diperkirakan akan mengalami perlambatan besar dalam angka utama, menjadi 4,1%, dengan harga-harga inti diperkirakan akan melambat dari 5,5% menjadi 5,3%.

KEPUTUSAN SUKU BUNGA FEDERAL RESERVE

Kamis 15 Juni 2023 dini hari : Ketika Federal Reserve terakhir kali bertemu pada awal Mei. Mereka menaikkan suku bunga sebesar 25bps seperti yang diperkirakan. Reaksi pasar relatif tidak banyak berubah. Hanya ada sedikit kejutan dengan perubahan dalam pernyataan yang melihat penghapusan garis yang menandakan lebih banyak kenaikan suku bunga yang akan datang. Sebuah tanda yang disambut baik bahwa bank sentral Amerika hampir menghentikan kenaikan suku bunga.

Meskipun ada sinyal kemungkinan jeda. Suku bunga 2 tahun Amerika saat ini lebih tinggi daripada pada saat pertemuan terakhir. Hal ini disebabkan oleh pasar yang menilai ulang kemungkinan penurunan suku bunga hingga tahun depan karena ketahanan di pasar tenaga kerja dan inflasi inti. Pengarahan baru-baru ini dari beberapa pejabat Fed menunjukkan bahwa perbedaan pandangan sedang terbentuk tentang bagaimana langkah selanjutnya. Dengan sedikit bisa untuk melewatkan bulan Juni dan melihat ke bulan Juli untuk kenaikan suku bunga berikutnya.

Berita penting ⇒Data Inflasi dan Keputusan Suku Bunga Federal

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *