Tiongkok Menjual Mata Uang Dollar Amerika

Tiongkok Menjual Mata Uang Dollar Amerika

Bank-bank besar milik pemerintah Tiongkok terlihat menjual mata uang dollar Amerika. Untuk membeli Yuan di pasar spot dalam dan luar negeri pada awal perdagangan Asia hari Selasa ini, tindakan ini bertujuan untuk mendukung mata uang Tiongkok.

Bank-bank pemerintah China biasanya berdagang atas nama bank sentral di pasar valuta asing negara ini. Namun mereka juga dapat berdagang atas nama mereka sendiri.

Penjualan dolar terjadi setelah para pemimpin tertinggi China berjanji pada hari Senin kemarin untuk meningkatkan dukungan kebijakan bagi perekonomian di tengah pemulihan pasca-COVID-19 yang berliku. Dengan fokus pada peningkatan permintaan domestik dan mengisyaratkan lebih banyak langkah stimulus.

Para pembuat kebijakan juga mengatakan bahwa China akan menjaga nilai tukar yuan pada dasarnya stabil pada tingkat yang wajar dan seimbang. Dan berjanji untuk menyegarkan pasar modal dan memulihkan kepercayaan investor.

Yuan dalam negeri (CNY) menguat lebih dari 0,6% ke level tertinggi 7,1411 per dollar dan berada di 7,1541. Yuan masih turun 3,5% terhadap dollar Amerika sepanjang tahun ini – dan menjadi salah satu mata uang Asia dengan kinerja terburuk.

 

<Source:https://www.reuters.com/markets/currencies/china-state-banks-seen-selling-us-dollars-prop-up-yuan-sources-2023-07-25/>

1 Comment

  1. makasih pak infonyaa.. cuma masih ngga paham mengenai beritanyaa pak didik 😭🙏🏻

Comments are closed.