SUPER FRIDAY VS SUPER TUESDAY
————-
Selain Sederet data high impact sepanjang minggu ini yg tampak sedang di antisipasi oleh pelaku pasar, terutama trio data super pada hari Jumat lusa (Average Hourly Earning, NFP dan Unemppoyment Rate), ada event penting lain yg sedang terjadi di Amerika yg sedikit banyak juga menyita perhatian pelaku pasar, Yaitu Super Tuesday, apa itu Super Tuesday…?

Super Tuesday adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hari pemilihan presiden di Amerika Serikat ketika sejumlah besar negara bagian secara bersamaan menggelar pemilihan pendahuluan atau kaukus. Biasanya, Super Tuesday terjadi pada awal Maret dalam tahun pemilihan presiden.

Pentingnya Super Tuesday terletak pada jumlah delegasi yang dapat dimenangkan oleh kandidat di hari itu. Delegasi ini akan menjadi kontribusi besar untuk konvensi nasional partai, di mana partai akan menentukan siapa yang akan menjadi kandidat presiden mereka. Dengan banyaknya negara bagian yang ikut serta, Super Tuesday dapat menjadi titik balik dalam perlombaan dan dapat memberikan keunggulan signifikan kepada kandidat yang berhasil memenangkan sejumlah besar delegasi pada hari itu.

Super Tuesday pertama kali diadakan pada tahun 1988 dan telah menjadi momen penting dalam siklus pemilihan presiden Amerika Serikat sejak itu. Pada hari tersebut, beberapa negara bagian, terutama yang memiliki populasi dan delegasi besar, mengadakan pemilihan serentak, menciptakan situasi di mana kandidat dapat membangun momentum atau mengalami kemunduran.

Event yg digelar saat dimulainya event Super Tuesday diantaranya :

*Pemilihan Pendahuluan (Primaries): Banyak negara bagian menggelar pemilihan pendahuluan pada hari itu. Pemilih datang ke tempat pemungutan suara untuk memberikan suara mereka kepada kandidat pilihan mereka.

*Kaukus: Beberapa negara bagian menggunakan sistem kaukus, di mana pemilih berkumpul dalam kelompok-kelompok yang mendukung kandidat tertentu. Diskusi dan perubahan dukungan dapat terjadi sebelum hasil akhirnya diumumkan.

*Pemilihan Delegasi: Hasil pemilihan pendahuluan dan kaukus menentukan bagaimana delegasi akan didistribusikan kepada kandidat. Delegasi ini kemudian mewakili suara pemilih di konvensi nasional partai.

*Kampanye Politik Intensif: Sebelum Super Tuesday, kampanye politik intensif biasanya terjadi. Kandidat menghabiskan waktu dan sumber daya besar untuk mendapatkan dukungan sebanyak mungkin dari pemilih di negara bagian yang menggelar pemilihan pada hari itu.

*Debat dan Acara Publik: Sejumlah debat dan acara kampanye diadakan menjelang Super Tuesday. Ini memberikan kesempatan kepada kandidat untuk berbicara langsung kepada pemilih dan mengesankan pandangan mereka.

*Pemantauan Hasil dan Analisis: Setelah pemilihan berakhir, ada pemantauan hasil dan analisis yang intensif. Media, analis politik, dan masyarakat umum mengamati hasil di berbagai negara bagian untuk menentukan dampaknya pada posisi kandidat dan dinamika perlombaan.

Super Tuesday sering dianggap sebagai momen krusial dalam pemilihan presiden Amerika Serikat karena sejumlah besar delegasi dapat dimenangkan pada hari itu, yang dapat memberikan keuntungan yang signifikan kepada kandidat yang berhasil meraih dukungan luas.