Suku Bunga Referensi USD/CNY

Suku Bunga Referensi USD/CNY

PBOC menetapkan suku bunga referensi USD/CNY pada 7,1451 vs 7,1456 sebelumnya. People’s Bank of China menetapkan kurs tengah USD/CNY di 7,1451 pada hari Senin. dibandingkan dengan ketetapan sebelumnya di 7,1456 dan ekspektasi pasar di 7,1795. Perlu dicatat bahwa USD/CNY ditutup di dekat 7,1882 pada hari sebelumnya. Terlepas dari penetapan USD/CNY, PBoC juga mengungkap rincian Operasi Pasar Terbuka (OMO). Dan mengatakan bahwa Bank Sentral China menyuntikkan 14 miliar Yuan melalui reverse repo (RR) 7 hari pada 1,90% vs 1,90% sebelumnya. Dengan RRs senilai 33 miliar yang akan berakhir pada hari Senin, OMO PBoC terlihat net short sebesar 19 miliar untuk hari ini.
————–

Perbedaan antara CNH (Chinese Offshore Renminbi) dan CNY (Chinese Onshore Renminbi)

Chinese Onshore Yuan (CNY) berbeda dengan Chinese Offshore Renminbi (CNH) dalam hal pembatasan perdagangan.
Perbedaan antara CNH (Chinese Offshore Renminbi) dan CNY (Chinese Onshore Renminbi). Terletak pada tempat di mana mata uang Renminbi Tiongkok tersebut diperdagangkan dan diatur.

* CNY (Chinese Onshore Renminbi):
CNY merujuk pada Renminbi (RMB) yang diperdagangkan di pasar keuangan utama di Tiongkok daratan.
Penggunaan CNY terbatas di dalam Tiongkok daratan. Dan pemerintah Tiongkok memberlakukan kontrol valuta yang ketat atas mata uang ini.
CNY diatur oleh Bank Rakyat Tiongkok (PBOC), yaitu bank sentral Tiongkok.

* CNH (Chinese Offshore Renminbi):
CNH merujuk pada Renminbi (RMB) yang diperdagangkan di luar daratan Tiongkok. Khususnya di pasar keuangan internasional dan wilayah keuangan Hong Kong.
CNH memungkinkan Renminbi diperdagangkan secara bebas di pasar global tanpa pembatasan valuta yang ketat.
CNH adalah instrumen yang digunakan oleh investor dan perusahaan internasional untuk bertransaksi dan berinvestasi dengan mata uang Tiongkok di luar Tiongkok daratan.
CNH memberikan akses lebih mudah bagi pasar global keuangan Tiongkok. Memfasilitasi perdagangan dan investasi lintas batas.

Perbedaan utama antara keduanya adalah pada tingkat pengaturan dan kendali valuta yang dikenakan oleh pemerintah Tiongkok. CNY terutama digunakan untuk transaksi di dalam Tiongkok daratan dengan aturan valuta yang ketat. Sedangkan CNH digunakan untuk transaksi internasional di pasar bebas tanpa kendala yang sama seperti CNY.

Setiap pagi, People’s Bank of China (PBOC) menetapkan apa yang disebut sebagai titik tengah harian. Berdasarkan level penutupan yuan pada hari sebelumnya dan kuotasi yang diambil dari dealer antar bank.

<Source:https://www.fxstreet.com/news/pboc-sets-usd-cny-reference-rate-at-71451-vs-71456-previous-202307240117>