Stablecoin berusaha mencapai stabilitas nilai

Kamis Dolar Melemah

Stablecoin berusaha mencapai stabilitas nilai

POIN PENTING :
* Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Rabu malam menegaskan bahwa lebih banyak kenaikan suku bunga kemungkinan akan terjadi karena inflasi “jauh di atas” di mana seharusnya.

* Tekanan inflasi terus tinggi, dan proses menurunkan inflasi menjadi 2% masih jauh,” katanya.

* Powell mengatakan pasar tenaga kerja masih ketat (rentan) meski ada tanda-tanda kondisi melonggar (membaik).

Powell mengharapkan lebih banyak kenaikan suku bunga Fed ke depan karena perjuangan menekan inflasi ‘masih jauh..

* Hampir semua peserta FOMC berharap akan tepat untuk menaikkan suku bunga lebih jauh pada akhir tahun ini.
Stablecoin merujuk pada jenis kriptoaset yang dirancang untuk menawarkan stabilitas nilai dibandingkan dengan kriptokurensi yang lebih volatil seperti Bitcoin atau Ethereum. Istilah “stable” dalam stablecoin merujuk pada tujuan menjaga nilai aset tetap stabil, biasanya terkait dengan mata uang fiat tertentu seperti dolar AS atau euro.

Stablecoin berusaha mencapai stabilitas nilai dengan beberapa cara. Ada tiga jenis umum dari stablecoin:

* Backed by Fiat (Diback oleh Fiat): Stablecoin ini didukung oleh cadangan mata uang fiat di bank. Misalnya, untuk setiap unit stablecoin yang beredar. Bank memiliki cadangan mata uang fiat yang setara dipegang. Ini memberikan kepastian bahwa nilai stablecoin akan sebanding dengan mata uang yang dipegang di bank.

* Backed by Commodities (Diback oleh Komoditas): Stablecoin ini didukung oleh cadangan komoditas seperti emas atau minyak. Nilai stablecoin diikatkan kepada harga komoditas tertentu dan diharapkan untuk mencerminkan fluktuasi nilai komoditas tersebut.

* Algorithmic (Algoritmik): Stablecoin ini menggunakan mekanisme algoritma untuk menjaga stabilitas nilai. Misalnya, mereka dapat menggunakan mekanisme kontrol pasokan dan permintaan untuk mengatur pasokan dan harga stablecoin.

Stablecoin

Stablecoin memiliki beberapa kegunaan. Pertama, mereka memungkinkan pengguna untuk menyimpan nilai dalam bentuk aset kripto tanpa khawatir tentang volatilitas harga yang tinggi yang sering terjadi pada kriptokurensi seperti Bitcoin. Selain itu, stablecoin memfasilitasi transfer nilai antara platform atau peserta jaringan yang berbeda dengan cepat dan relatif murah.

Namun, penting untuk diingat bahwa stabilitas nilai stablecoin tidak selalu dapat dijamin sepenuhnya. Faktor-faktor seperti kegagalan teknis, perubahan peraturan, atau masalah dengan entitas yang mendasarinya dapat mempengaruhi nilai stablecoin. Oleh karena itu, sebelum menggunakan atau berinvestasi dalam stablecoin. Penting untuk melakukan penelitian yang cermat dan memahami risiko yang terkait.
Mata uang fiat mengacu pada mata uang yang dikeluarkan dan diatur oleh pemerintah suatu negara sebagai alat pembayaran sah. Istilah “fiat” berasal dari bahasa Latin yang berarti “sebagai perintah” atau “oleh kuasa hukum”.

Mata uang fiat tidak memiliki nilai intrinsik yang didasarkan pada komoditas fisik seperti emas atau perak. Nilai mata uang fiat ditentukan oleh kepercayaan dan dukungan pemerintah serta ketersediaannya dalam perekonomian.

Ciri-ciri utama mata uang fiat adalah:

Diterbitkan oleh Pemerintah: Mata uang fiat dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara, biasanya melalui bank sentral atau otoritas moneter yang ditunjuk.

Legal Tender: Mata uang fiat diakui secara hukum sebagai alat pembayaran yang sah dalam negara tersebut, dan penerima pembayaran harus menerima mata uang tersebut untuk memenuhi kewajiban pembayaran.

Nilai yang Diatur oleh Pemerintah: Pemerintah memiliki kekuasaan untuk mengatur nilai mata uang fiat. Baik melalui kebijakan moneter, pengendalian inflasi, atau intervensi pasar.

Penerimaan yang Luas: Mata uang fiat umumnya diterima secara luas dalam transaksi ekonomi dalam suatu negara. Termasuk pembayaran untuk barang dan jasa, utang, pajak, dan transaksi keuangan lainnya.

Mata uang fiat paling umum adalah seperti dolar Amerika Serikat (USD), euro (EUR), pound sterling Inggris (GBP), yen Jepang (JPY), dan sebagainya. Mata uang fiat memainkan peran penting dalam perekonomian global sebagai alat tukar, penyimpan nilai, dan ukuran harga.

SOurce:https://www.cnbc.com/2023/06/21/powell-expects-more-fed-rate-hikes-ahead-as-inflation-fight-has-a-long-way-to-go.html