Siklus Kenaikan Suku Bunga

Dolar menekan Emas

Harga emas di tutup sedikit melemah dan bergerak di kisaran level puncak delapan minggu-an pada hari Rabu kemarin. Setelah data ekonomi baru-baru ini memicu kembali harapan bahwa Federal Reserve akan segera menghentikan siklus kenaikan suku bunga.
– Emas spot turun 0,1% ke $1.977,25 per oz, karena dolar Amerika naik dari posisi terendah 15 bulan.
– Emas berjangka Amerika di tutup hampir sama dengan level pembukaan di sekitar $1.980,80.

Pada hari Selasa lalu, emas melonjak mencapai level tertinggi sejak 24 Mei di $1.984,19. Sebelum akhirnya di tutup naik sekitar 1,2% lebih tinggi setelah penjualan ritel Amerika naik kurang dari yang diharapkan pada bulan Juni.
Pasar sangat yakin bahwa kenaikan suku bunga akan segera berakhir dan disinflasi terjadi. Setelah pertemuan Fed, jika pasar yakin Fed tidak lagi mempertahankan sikap hawkish, harga emas bisa mencapai $2.000.

Jajak pendapat Reuters memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga acuan semalam sebesar 25 basis poin pada 26 Juli. Dengan sebagian besar ekonom memperkirakan itu akan menjadi kenaikan terakhir dari siklus pengetatan saat ini

Suku bunga yang lebih tinggi membuat investasi berbunga lebih menarik daripada emas batangan dengan hasil nol.
Pelaku pasar juga akan mengawasi data klaim pengangguran mingguan yang akan dirilis pada hari Kamis malam nanti.

Source:https://www.reuters.com/article/global-precious/precious-gold-stalls-near-8-week-highs-on-fed-pause-hopes-idUSL4N3953EN