Saham-saham China naik

chinese yuan

Saham-saham China naik tajam pada 28 Januari, hari pertama di minggu ini. Setelah pihak berwenang China mengumumkan sejumlah langkah untuk meningkatkan harga saham. Termasuk pengurangan bea materai untuk transaksi saham dan membatasi laju penawaran saham perdana (IPO). Yuan juga menguat.

Indeks CSI300, sebuah tolok ukur untuk saham-saham di daratan Tiongkok. Untuk sementara naik 5,5%, kenaikan terbesar dalam tiga tahun terakhir. Beberapa saham sekuritas naik hingga mencapai batas harga penuh. Indeks Hang Seng China Enterprises (H-share). Terdiri dari saham-saham China daratan yang terdaftar di Hong Kong, naik 4,1% pada satu titik, sementara Indeks Hang Seng juga naik lebih dari 3%.

Yields obligasi China bertenor 10 tahun untuk sementara naik 5 basis poin (bp, bp = 0,01%), kenaikan terbesar sejak akhir Juli. Yuan untuk sementara naik 0,3% baik di dalam maupun di luar negeri.

Pada tanggal 27 Juli, Kementerian Keuangan mengumumkan bahwa mereka akan menurunkan bea materai untuk transaksi saham dari 0,1% menjadi 0,05% mulai tanggal 28 Juli dan seterusnya, dengan tujuan ‘merevitalisasi pasar modal dan meningkatkan kepercayaan investor’. Ini adalah pertama kalinya bea materai diturunkan sejak tahun 2008.

Sementara itu, Komisi Regulasi Sekuritas China (CSRC), mengacu pada lingkungan pasar baru-baru ini, mengumumkan pada 27 Januari bahwa mereka berencana untuk memperlambat laju penawaran umum perdana saham (IPO) untuk sementara waktu. Tidak ada rincian yang diberikan mengenai bagaimana pembatasan ini akan diterapkan.

CSRC juga mengumumkan bahwa mereka akan membatasi penjualan saham oleh para pemegang saham utama. Di perusahaan-perusahaan yang harga sahamnya jatuh di bawah harga IPO atau tingkat aset bersih.

Dalam sebuah laporan, para analis di China International Finance, termasuk Gamagan, mencatat bahwa ‘skala, kekuatan, dan kecepatan langkah-langkah ini semuanya melebihi ekspektasi’ dan bahwa ‘kekuatan yang meningkat dari langkah-langkah kebijakan ini akan meningkatkan kepercayaan pasar dan memperkuat sinyal-sinyal pasar yang positif’.

https://www.bnnbloomberg.ca/china-cuts-tax-on-stock-trading-to-boost-market-confidence-1.1963931