Pertemuan Bank Sentral

Kenaikan Suku Bunga Kumulatif

Euro turun setelah data aktivitas bisnis, mata tertuju pada bank sentral
———-
Euro turun pada hari Senin setelah data aktivitas di negara-negara ekonomi utama dirilis lebih lemah daripada yang diperkirakan. Memberikan sentakan pada pasar di awal minggu yang penuh dengan pertemuan-pertemuan bank sentral. Dimana para investor mengharapkan kenaikan suku bunga di Eropa dan Amerika Serikat.

Mata uang bersama Eropa ini turun 0,43% menjadi $1,1076. Tergelincir setelah sesi Asia yang sepi setelah data PMI menunjukkan aktivitas bisnis mengalami kontraksi di Perancis dan Jerman.

Pertumbuhan zona euro yang lebih lambat akan mengurangi kemungkinan “arus masuk portofolio yang dibutuhkan untuk membawa euro kembali ke kisaran sebelum perang Ukraina di $1,12 hingga $1,20”.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh para investor minggu ini – Federal Reserve akan mengadakan pertemuan pada hari Rabu. Diikuti oleh Bank Sentral Eropa (ECB) sehari kemudian dan Bank of Japan pada hari Jumat. Serta laporan keuangan dari berbagai perusahaan besar.

Para investor memperkirakan ECB dan Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin dan fokus pada kedua kasus ini adalah pada sinyal-sinyal yang mereka kirimkan di sekitar pertemuan mereka di bulan September. Melunaknya pengukur inflasi mungkin memberi ruang bagi The Fed untuk mengisyaratkan jeda.

<Source:https://www.reuters.com/markets/currencies/yen-pressured-traders-wait-policy-decisions-2023-07-24/>