PBoC Memangkas Suku Bunga Kebijakan

PBoC Memangkas Suku Bunga Kebijakan

Bank sentral China (PBoC) memangkas suku bunga kebijakan jangka pendek untuk pertama kalinya sejak Agustus.

People’s Bank of China pada hari Selasa memangkas suku bunga kebijakan jangka pendek. Karena menghadapi data ekonomi yang mengecewakan di negara tersebut. Setelah pembukaan kembali Covid-19 gagal mendapatkan momentum.

PBOC memangkas suku bunga pembelian kembali tujuh hari sebesar 10 basis poin dari 2% menjadi 1,9%. Menurut rilis bank sentral, menyuntikkan 2 miliar yuan China ($279,97 juta) melalui repo tujuh hari. Perjanjian pembelian kembali (repo) adalah sebuah jenis suku bunga pinjaman jangka pendek.

Ini adalah langkah pertama bank sentral sejak Agustus. Mengikuti bank-bank terbesar di negara ini yang memangkas suku bunga deposito minggu lalu, menandakan bahwa pelonggaran moneter lebih lanjut akan dilakukan.

Langkah ini dilakukan menjelang keputusan suku bunga fasilitas pinjaman menengah PBOC. Yang diperkirakan akan dirilis pada hari Kamis. Sementara itu, suku bunga dasar pinjaman bank dijadwalkan untuk dirilis pada 20 Juni.

Yuan Tiongkok daratan
melemah 0,25% menjadi 7,1618 terhadap dollar AS tidak lama setelah pergerakan hari Selasa dan berada di level terlemah sejak November.