Pasukan Tentara Bayaran Andalan Russia

Kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi China

OIL juga di tutup melemah tipis pada perdagangan hari Senin dengan range yg cukup sempit. Secara umum Oil sebenarnya bergerak sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pergerakan hari Jumat. Oleh beberapa kalangan disebabkan oleh kabar seputar kondisi geo-Politik di Russia yg sempat guncang karena pasukan tentara bayaran andalan Russia dikabarkan melakukan pemberontakan.

Namun kabar tersebut segera berangsur mereda. Setelah pemimpin pasukan yg dikenal dengan Wagner Group tersebut menarik mundur pasukannya dari wilayah kota Rostov dan pemimpinnya bergerak kembali ke wilayah Belarusia. ‘Perusahaan Militer Swasta “Wagner”‘, adalah sebuah organisasi paramiliter Rusia. Kelompok ini digambarkan sebagai perusahaan militer swasta (PMC), jaringan tentara bayaran atau tentara swasta de facto Presiden Rusia Vladimir Putin. Kelompok ini beroperasi di luar hukum di Rusia, di mana perusahaan militer swasta secara resmi dilarang di negara itu
Bentrokan antara Moskow dan kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner, berhasil dihindari pada hari Sabtu. Setelah tentara bayaran bersenjata lengkap menarik diri dari kota Rostov, Rusia selatan, di bawah sebuah kesepakatan yang menghentikan gerak maju mereka yang cepat ke ibukota.

Namun, kejadian ini telah menimbulkan pertanyaan mengenai cengkeraman kekuasaan Presiden Vladimir Putin. Dan beberapa kekhawatiran mengenai kemungkinan terganggunya pasokan minyak Rusia.

– Brent futures naik 33 sen atau sebesar 0.5%, dan menutup perdaganga harian pada $74.18 per barrel.
– WTI futures naik 21 sen, atau sebesar 0.3%, untuk menutup perdagangan harian pada $69.37 per barrel.

 

Source:https://www.reuters.com/markets/commodities/oil-markets-shrug-off-russian-political-turmoil-2023-06-26/