Kegelisahan Menjelang Pertemuan Federal

bahan bakar

WHAT HAPPENED WITH OIL LAST NITE

Harga minyak mentah dunia turun 4% di tengah kegelisahan menjelang pertemuan Federal reserves
Oil turun sekitar $3 per barel pada hari Senin kemarin setelah para pelaku pasar energi menyoroti peningkatan pasokan global dan kekhawatiran tentang pertumbuhan permintaan menjelang data inflasi utama dan pertemuan Federal Reserve.
– Brent turun $2,95, atau 3,9%, di tutup pada $71,84 per barel, terendah sejak Desember 2021.
– WTI turun $3,05, atau 4,4%, di tutup pada $67,12 per barel.

Pertemuan Fed dan tekanan inflasi tetap menjadi isu utama bagi pasar minggu ini, kemungkinan besar suku bunga akan dipertahankan, yang berarti pelaku pasar akan fokus dan memantau dengan seksama konferensi pers Ketua Fed Powell untuk mengetahui arah (kebijakan) selanjutnya untuk suku bunga.

Ikut membebani pelaku pasar energi adalah pemulihan permintaan minyak telah melambat dari China, importir utama minyak mentah dan produk olahan.
Permintaan (minyak mentah) dari China belum menunjukkan tanda-tanda akan pulih, ( (berdasar perhitungan IEA bisa mencapai 2 juta barel), jadi ini adalah jumlah yang signifikan. Jelas ada kekhawatiran bahwa OPEC dan IEA akan memangkas perkiraan permintaan mereka.
Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan Badan Energi Internasional masing-masing akan merilis update pasar bulanan mereka pada hari Selasa malam nanti.

(source:https://www.reuters.com/business/energy/oil-edges-lower-ahead-fed-meeting-2023-06-12/#:~:text=BENGALURU%2C%20June%2012%20(Reuters),Reserve%20meeting%20later%20this%20week)