Kebijakan Tentang Arah Suku Bunga

Kamis Dolar Melemah

WHAT HAPPENED LAST NITE

Dolar Amerika menguat tipis menjelang data inflasi dan keputusan suku bunga The Fed.
Senin kemarin, Dolar menutup perdagangan harian dalam kondisi menguat tipis dan diperdagangkan cukup fluktuatif dalam kisaran yg tergolong sempit karena pelaku pasar tetap bersikap berhati-hati menjelang beberapa keputusan kebijakan utama yang akan dirilis minggu ini, dengan Federal Reserve diperkirakan akan mempertahankan suku bunga untuk pertama kalinya sejak Januari 2022.

USD sempat jatuh melemah di sesi Eropa oleh sentiment penguatan mata uang Euro yg terangkat oleh ekspektasi naiknya suku bunga Euro oleh ECB. Bank Sentral Eropa di yakini akan bersikap lebih Hawkish sementara FED justru mungkin akan lebih Dovish dengan menahan Suku Bunga pada pertemuan FOMC Kamis dini hari lusa.
Pertemuan kebijakan moneter di The Fed, Bank Sentral Eropa (ECB) akan menentukan arah minggu ini. Pasar mencari petunjuk dari para pembuat kebijakan tentang arah suku bunga di masa depan.

Data CPI Amerika

bulan Mei juga akan dirilis pada hari Selasa. Bersamaan saat The Fed memulai pertemuan dua harinya.
Meskipun kemungkinan besar The Fed akan ‘melewatkan’ kenaikan (suku bunga) bulan ini. Tampaknya tidak ada yang ingin terjebak di sisi pasar yang salah jika mereka memilih untuk menaikkan suku bunga bulan ini. Menjaga volatilitas tetap rendah di sebagian besar mata uang utama.

Pelaku Pasar Forex condong ke arah jeda dari The Fed, menurut FedWatch dari Refinitiv, tetapi mayoritas memperkirakan kenaikan pada pertemuan bulan Juli.

Sebaliknya, mayoritas ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ECB akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada hari Kamis. Dan sekali lagi pada bulan Juli, sebelum berhenti sejenak selama sisa tahun ini karena inflasi tetap tinggi.

Indeks dolar mencatat penurunan hampir 0,5% minggu lalu. Penurunan mingguan terburuk sejak pertengahan April. Pada perdagangan Senin kemarin di tutup naik 0,1% pada 103,60.

(Source:https://www.reuters.com/markets/currencies/dollar-steady-with-fed-pause-eyed-busy-cbank-week-2023-06-12/)

Info-info Lainnya

Kebijakan Tentang Arah Suku Bunga

Kegelisahan Menjelang Pertemuan Federal

TWO VERY IMPORTANT THINGS THIS WEEK