Emas di tutup melemah tipis

Harga emas turun

Emas di tutup melemah tipis. Harga emas turun hampir 2% pada minggu sebelumnya dan menyentuh level terendah sejak pertengahan Maret pada hari Jumat karena komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve. Yang mengindikasikan kenaikan suku bunga lebih lanjut untuk menahan inflasi yang sulit dikendalikan. Setelah sempat bergerak naik di pertengahan sesi Asia hingga awal sesi Amerika pada perdagangan Senin kemarin. Sedikit lonjakan emas yg terjadi utamanya disebabkan oleh situasi “kejutan” yg terjadi di Russia. Yg pada akhirnya mengalir menghilang begitu saja, dan emas segera kembali berbalik terkoreksi. Hingga menutup perdagangan tipis dibawah level pembukaan harian. Suku bunga tinggi mengurangi minat untuk berinvestasi pada emas yang tidak menghasilkan bunga, padahal emas dianggap sebagai investasi yang aman di tengah ketidakpastian ekonomi.

Dikabarkan pasukan Mercenary Russia (yg terkenal dengan sebutan pasukan Wagner Mercenaries) sempat melakukan “pemberontakan” dengan menguasai sebuah distrik militer di wilayah kota Rostov di Rusia selatan. Namun kelanjutan kabar dari pemberontakan tersebut segera berangsur menghilang. Setelah pemimpin pasukan tersebut, Yevgeny Prigozhin, mengatakan bahwa mereka tidak bermaksud menggulingkan Presiden Putin. Bahkan beberapa sumber menyebutkan dia mendadak menarik mundur pasukannya. Dan dia di kirim ke wilayah Belarusia di bawah kesepakatan yang dimediasi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Pelaku pasar kini akan kembali fokus pada beberapa event ekonomi penting minggu ini. Diantaranya laporan Inflasi dari Canada dan Jerman, GDP Amerika. Pertemuan para Ketua Bank Sentral negara pada ebuah diskusi panel yg diselenggarakan oleh ECB. Dan tentunya yg dinanti oleh pelaku pasar adalah laporan PCE Amerika.

– Emas spot naik 0,2% menjadi $1,924.78 per oz.
– Emas berjangka Amerika di tutup 0,2% lebih tinggi pada $1,933.80.

SOurce : https://www.reuters.com/markets/commodities/gold-prices-edge-up-weaker-dollar-2023-06-26/

 

Info Berita Lain

Harga emas hari Jumat mencatatkan persentase penurunan

BAKER HUGHES.Co WEEKLY REPORT