Data Inflasi dan Keputusan Suku Bunga Federal

Data Inflasi

WHAT HAPPENED ON FOREX MARKET LAST FRIDAY

Data Inflasi dan Suku Bunga Federal

Dolar Amerika menguat jelang rilis data Inflasi pertemuan FOMC
Dolar Rebound dari posisi terendah dua minggu-an pada hari Jumat kemarin. Pelaku pasar menunggu data inflasi dan keputusan suku bunga Federal Reserve untuk mendapatkan petunjuk baru. Tentang seberapa tinggi lagi bank sentral Amerika kemungkinan akan menaikkan suku bunga.
The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan 13-14 Juni. Tetapi kemungkinan akan tetap hawkish dan menunjukkan kemungkinan kenaikan pada bulan Juli karena inflasi tetap di atas target 2%.
The FED masih berpikir bahwa mereka perlu berbuat lebih banyak. Pelaku pasar mewaspadai mereka akan terus mematahkan ekspektasi pelonggaran kebijakan.
The Fed diperkirakan akan merevisi lebih tinggi “dot plot” ekspektasi tingkat pembuat kebijakan dan proyeksi inflasi.

Data yang akan dirilis pada hari Selasa lusa diperkirakan menunjukkan inflasi utama (CPI) naik pada tingkat tahunan sebesar 4,1% pada bulan Mei. Sementara Inflasi inti (Core CPI) naik 5,3%.

* Inflasi China dilaporkan menyusut pada Jumat pagi kemarin. Ikut membantu menguatnya USD, laporan Inflasi tersebut dapat mendorong pemerintah China untuk meluncurkan langkah-langkah kebijakan yang lebih longgar dalam beberapa bulan mendatang. Tetapi ini kemungkinan akan semakin melemahkan yuan, dan menguatkan dolar.

* Bank Sentral Eropa dan Bank Jepang juga akan bertemu minggu depan. ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga zona euro sebesar 25 bps menjadi 3,50% pada hari Kamis. Sementara BOJ kemungkinan akan membiarkan suku bunga tidak berubah.

* Bank of Canada dan Reserve Bank of Australia mengguncang pasar awal minggu lalu dengan menaikkan suku bunga. kenaikan ini untuk mengatasi inflasi yang membandel.

(Source:https://www.reuters.com/markets/currencies/dollar-retreats-jump-us-jobless-claims-eyes-fed-2023-06-09/)

 

Info Penting Lain

⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓

Indeks Dolar Amerika

3 Comments

    1. ada disebelah kanan di tiap post bisa dilihat ada sidebar yang berisi widget salah satu nya kalender ekonomi. selain ini ada shortcut untuk mulai mencoba demo di VIF dan juga bagi yang berminat untuk join dengan VIF juga ada pilihannya di Sidebar yang ada di setiap post

Comments are closed.