CHINESE YUAN AFFECT THE WORLD

chinese yuan

HOW THE WEAK CHINESE YUAN AFFECT THE WORLD
———

Yuan telah mencapai level terlemah dalam 16 tahun terakhir terhadap USD dan ini merupakan konsekuensi yang signifikan.

1. Ini yg Utama, lemahnya pertumbuhan eknomi China berarti bahwa daya beli masyarakat Cina telah jatuh secara signifikan, yang berarti setiap perusahaan yang telah menjual ke Cina sekarang akan kehilangan permintaan karena masyarakat Cina tidak dapat menjual atau membeli banyak barang mewah atau bahkan barang biasa.

2. Masalah bagi pasar (ekuitas) global karena laba perusahaan yang lebih lemah dapat berarti Nilai ekuitas yang lebih lemah, yang dapat menyebabkan kerugian yang lebih signifikan di pasar ekuitas global.
Selain itu, mitra dagang (seperti Austalia) akan sangat terpukul. Kita telah melihat aksi jual Dolar Australia dan Dolar Selandia Baru, sebagai mata uang negara berkembang (currencies emerging markets) yang terpukul secara signifikan.

3. Selain itu, sektor pendidikan akan menderita, tunggu apa… apa hubungannya… izinkan saya menanyakan sesuatu… Negara maju mana yg memiliki sistem pendidikan yg bagus yg tidak “di datangi” oleh para pelajar dari China…? Ada..? tidak ada, China “mengirim” begitu banyak pelajar ke segala penjuru dunia, terutama di negara negara besar, dan hal tersebut akan mulai terhambat karena banyak orang Cina akan mulai berpikir untuk tetap tinggal di dalam negeri untuk pendidikan tinggi dibandingkan datang ke Amerika atau Eropa atau negara lain.

Jadi ada konsekuensi global dari pelemahan Yuan Cina. Kita baru saja mulai melihatnya dan bersiap akan ada masalah yang lebih besar ke depannya.