AYA NAON KA USD SAMALAM

Kamis Dolar Melemah

AYA NAON KA USD SAMALAM

* Dolar naik ↑ setelah data NFP naik lebih baik dari Forecast. Rilis data NFP tersebut mendorong ekspektasi Federal Reserve dapat terus menaikkan suku bunga karena inflasi tetap tinggi, dan…rilis data semalam merubah pandangan tersebut.

Dolar melemah pada Senin kemarin pasca berita bahwa sektor jasa Amerika hampir tidak tumbuh pada Mei karena pesanan baru melambat. Mengakhiri reli penguatan sejak awal perdagangan harian yang dipicu oleh respon lanjutan dari laporan pertumbuhan sektor pekerjaan (NFP) yang kuat.

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan PMI non-manufaktur turun menjadi 50,3 bulan lalu dari 51,9 pada bulan April. Lebih Kecil dari Forecast yg memperkirakan PMI non-manufaktur naik tipis menjadi 52,2. Laporan tersebut menunjukkan pertumbuhan dalam industri jasa yg sedang melambat. Yang menyumbang lebih dari dua pertiga perekonomian.

Data tersebut kini sedikit banyak menggeser pandangan pelaku pasar bahwa menunjukkan bahwa sinyal yang lebih akurat dari laporan sektor pekerjaan mungkin berasal dari kenaikan tingkat pengangguran (Unemployment Rate). Pada Jumat kemarin daripada peningkatan yang solid dalam pekerjaan penggajian (NFP).

Sebagai pengingat, Data pada hari Jumat kemarin menunjukkan pertumbuhan pekerjaan Amerika tumbuh sejumlah 339.000 pekerjaan pada bulan Mei. Tetapi lonjakan pengangguran naik ke level tertinggi dalam tujuh bulan terakhir sebesar 3,7% menunjukkan pelemahan pasar tenaga kerja.

Pelaku Pasar masih mempertahankan pandangan bahwa FED kemungkinan besar akan membiarkan suku bunga tidak berubah pada bulan Juni. Tetapi percaya dengan kemungkinan 65% dari setidaknya kenaikan suku bunga 25 basis poin tambahan pada bulan Juli (berdasar CME Fedwatch Tools).

Tidak ada komentar dari Para Pejabat Fed tadi malam bahkan mungkin hingga sepanjang minggu ini. Karena mereka sedang dalam masa “blackout” jelang pertemuwan FOMC pada tanggal 13 ~ 14 Juni minggu depan.
– Indeks Dolar jatuh ke 104,00, turun 0,13% hari ini, setelah naik setinggi 104,40. Itu bertahan tepat di bawah tertinggi 11 minggu di 104,70 yang dicapai pada 31 Mei.

Disadur dari berita berikut ==> https://www.reuters.com/markets/dollar-edges-up-us-rates-seen-higher-longer-2023-06-05/

Info Tambahan ==>HIGH IMPACT DATA THIS WEEK