Yuan menggeser Dolar

PMI Manufaktur Caixin China

Yuan telah menggeser dolar AS sebagai mata uang yang paling banyak digunakan dalam transaksi lintas batas China. Menurut data yang dirilis oleh Bank Rakyat China, yuan digunakan dalam 41,2% dari transaksi lintas batas China pada tahun 2022. Sementara dolar AS digunakan dalam 38,4% dari transaksi tersebut.

Pembayaran dan penerimaan lintas batas dalam Yuan naik ke rekor 549,9 miliar dollar Amerik di bulan Maret dari 434,5 miliar dollar Amerika di bulan sebelumnya, menurut kalkulasi Reuters berdasarkan data dari Administrasi Negara untuk Valuta Asing.

Sumber ===> yuan-overtakes-dollar-become-most-used-currency-chinas-cross-border-transactions-2023

Menurut perhitungan Reuters, Yuan digunakan dalam 48,4% dari seluruh transaksi lintas batas. Porsi dolar turun menjadi 46,7% dari 48,6% di bulan sebelumnya.

Volume transaksi lintas batas mencakup transaksi berjalan dan transaksi modal.

Promosi Yuan

China telah lama berupaya untuk mempromosikan penggunaan yuan dalam perdagangan internasional sebagai bagian dari upaya untuk menginternasionalisasi mata uangnya. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS dan memperkuat peran yuan sebagai mata uang internasional yang dapat digunakan dalam perdagangan dan investasi internasional.

Untuk mencapai tujuan ini, China telah meluncurkan berbagai inisiatif, termasuk Belt and Road Initiative dan pembebasan modal dalam bentuk Qualified Foreign Institutional Investor (QFII) dan Qualified Domestic Institutional Investor (QDII). Selain itu, China juga telah membuka pasar keuangan domestiknya, memperluas akses ke pasar saham dan obligasi, dan meningkatkan penggunaan yuan dalam perdagangan komoditas.

Meskipun upaya-upaya ini telah berhasil meningkatkan penggunaan yuan dalam perdagangan internasional, masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi. Beberapa tantangan tersebut termasuk kurangnya likuiditas dan kurangnya konversibilitas penuh dari yuan. Oleh karena itu, China perlu terus meningkatkan infrastruktur keuangan dan mengatasi tantangan yang ada untuk memperkuat peran yuan sebagai mata uang internasional yang dapat dipercaya dan stabil.

Peningkatan penggunaan yuan dalam transaksi internasional juga dapat memberikan manfaat bagi China. Seperti mengurangi risiko terhadap fluktuasi nilai tukar dolar AS dan meningkatkan pengaruhnya dalam ekonomi global. Namun, penggunaan yuan juga masih dihadapkan pada beberapa tantangan, seperti likuiditas dan kurangnya konversibilitas penuh.

Menarik ==>First Republic Bank (FRC.N)