WHAT HAPPENED WITH USD LAST NITE

Tiongkok Menjual Mata Uang Dollar Amerika

WHAT HAPPENED WITH USD LAST NITE

Dolar sempat melemah namun akhirnya menutup perdagangan harian dalam kondisi datar. Di sekitar harga pembukaan pada perdagangan yg “tidak utuh” hari Senin kemarin.

Dolar bahkan sempat ke bawah pada hari Senin. Terkoreksi dari level high dalam enam bulanan karena kesepakatan plafon utang Amerika yg mengangkat selera risiko di pasar dunia .Dan merusak daya tarik safe-haven USD.

Presiden Joe Biden pada hari Minggu menyelesaikan perjanjian anggaran dengan Ketua DPR Kevin McCarthy untuk menangguhkan plafon utang $31,4 triliun hingga 1 Januari 2025. Dan mengatakan kesepakatan itu siap untuk dibawa ke Kongres untuk pemungutan suara.

Pelemahan dolar safe-haven di awal perdagangan hari Senin terjadi karena kembalinya sentiment Risk Apettite. Pasar saham dunia menguat di tengah berita positif dari Washington. Meskipun perdagangan secara umum tenang dengan beberapa bagian Eropa. Termasuk Inggris, berlibur bersama dengan Amerika Serikat.

Reaksi risk-on awal perdagangan asia jelas ditopang oleh kemungkinan bahwa resiko default Amerika telah mundur.
Tetapi fokus akan segera beralih ke fakta bahwa kesepakatan yg dicapai pada hari minggu kemarin hanyalah salah satu langkah dalam proses. Kesepakatan dari DPR dan Senat pada 5 Juni yg masih merupakan permintaan atau perundingan besar.
Sebagai pengingat, minggu kemarin pemerintah Amerika mencapai “kesepakatan”
Untuk menangguhkan batas utang dari 5 Juni hingga 1 Januari 2025. Membatasi pengeluaran dalam anggaran 2024 dan 2025.
– Indeks Dolar di tutup pada level $104.200, tipis diatas level pembukaan $104.190 meski sempat turun melemah hingga mencetak level low harian di kisaran $103.960