What Happened With Gold & Oil Last Night

WHAT HAPPENED WITH GOLD & OIL LAST NITE

Gold jatuh melemah lebih dari 2% pada hari Selasa malam tadi, tenggelam lebih jauh di bawah level Support Krusial $ 1.800.

Dikarenakan reli tajam pada dolar dan potensi kenaikan suku bunga yg akhirnya melemahkan permintaan untuk aset Safe Haven emas.

Investor kini menunggu notulen dari rapat Fed bulan Juni, yang akan dirilis hari ini, yang hampir pasti terdengar hawkish

Dolar mencapai level tertinggi dalam sekitar dua dekade dan memperkuat posisinya sebagai tempat perlindungan pilihan bagi para pelaku pasar yang khawatir tentang potensi resesi.

Di pasar fisik, impor gold India pada Juni naik hampir tiga kali lipat dari pembelian bulan yg sama tahun lalu karena harga emas yang terkoreksi.

Namun di lain pihak, bank sentral Zimbabwe mengatakan akan mulai menjual koin gold di tengah inflasi yang tak terkendali.

– Emas spot diperdagangkan pada $1.765,22 per oz, setelah sebelumnya sempat turun sebanyak 2,6%.
– Emas berjangka Amerika turun 2,1% pada $1.763,9 per oz.

* OIL jatuh melemah sekitar 9% pada hari Selasa kemarin dalam penurunan harian terbesar sejak Maret

di tengah meningkatnya kekhawatiran resesi global dan kembalinya kemungkinan status Lockdown di China yang dapat memangkas permintaan.

China

Test massal COVID-19 di China menebar kekhawatiran akan potensi penguncian baru yang mengancam dan memperdalam berkurangnya konsumsi minyak.

Shanghai mengatakan akan memulai putaran baru test massal terhadap 25 juta penduduknya selama periode tiga hari, untuk melacak infeksi yang terkait dengan wabah di sebuah bar karaoke.

Kekhawatiran bahwa permintaan bahan bakar pada musim mengemudi musim panas Amerika mendatang akan turun setelah liburan Empat Juli juga tampaknya membebani pasar.

Semalam terlihat jelas beberapa aksi likuidasi panik (panik Selling), terutama dengan melonjaknya Yield Treasury dan Dolar.
– Brent di tutup pada level $102,77 per barel, melemah $10,73, atau 9,5%.
– WTI berakhir melemah 8,2%, atau $8,93, lebih rendah pada $99,50 per barel.

 

Daftar Demo Akun VIFX | Buka Akun Demo Forex Gratis