Survei Manufaktur Empire State Menunjukkan Peningkatan Aktivitas Bisnis di Negara Bagian New York

Peningkatan aktivitas bisnis

Aktivitas bisnis meningkat di Negara Bagian New York untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir.  Menurut perusahaan-perusahaan yang merespons Survei Manufaktur Empire State April 2023. Indeks kondisi bisnis umum utama naik tiga puluh lima poin menjadi 10,8. Ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang merespons survei merasakan adanya peningkatan dalam kondisi bisnis mereka.

Pesanan dan pengiriman baru juga mengalami lonjakan, sementara waktu pengiriman bertahan stabil. Dan persediaan bergerak lebih tinggi. Namun, ada penurunan baik dalam tenaga kerja maupun jam kerja selama tiga bulan berturut-turut, meskipun aktivitas bisnis meningkat.

Kenaikan harga input moderat, yang berarti bahwa peningkatan harga tidak terlalu signifikan. Harga jual juga meningkat pada kecepatan yang sama seperti bulan lalu, menunjukkan bahwa perusahaan dapat menyesuaikan harga dengan baik dengan kondisi pasar saat ini.

Meskipun harapan sedikit perbaikan dalam kondisi bisnis selama enam bulan ke depan, perusahaan perlu memperhatikan penurunan tenaga kerja dan jam kerja yang telah berlangsung selama tiga bulan terakhir. Hal ini dapat berdampak pada produktivitas dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan yang memadai.

Detail Indeks

  • Indeks pesanan baru naik empat puluh tujuh poin menjadi 25,1, dan indeks pengiriman naik tiga puluh tujuh poin menjadi 23,9, mengindikasikan bahwa pesanan dan pengiriman meningkat secara substansial setelah menurun dalam beberapa bulan terakhir
  • Indeks jumlah karyawan tetap negatif selama tiga bulan berturut-turut di -8,0, dan indeks rata-rata minggu kerja bertahan di bawah nol di -6,4, mengindikasikan bahwa lapangan kerja dan jam kerja menyusut. Indeks harga yang dibayarkan turun sembilan poin menjadi 33,0, mengindikasikan bahwa kenaikan harga input telah berkurang. Indeks harga yang diterima bertahan stabil di 23,7, menunjukkan bahwa laju kenaikan harga jual tidak banyak berubah.
  • Indeks untuk kondisi bisnis di masa depan naik tipis menjadi 6,6, menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan tidak memperkirakan aktivitas akan meningkat pesat dalam enam bulan ke depan.
  • Indeks belanja modal naik tiga poin menjadi 16,5, dan indeks belanja teknologi berada di angka 10,3.

Sumber : https://www.newyorkfed.org/survey/empire/empiresurvey_overview.html#tabs-1

Baca : Inflasi Amerika Mereda