Komite Pasar Terbuka Federal

Minutes of the Federal Open Market Committee

Dini hari tadi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) merilis notulen pertemuan 21-22 Maret. Yang hanya mendorong sedikit pergerakan di pasar FX. Menurut dokumen tersebut, proyeksi para staf termasuk “resesi ringan yang dimulai akhir tahun ini, dengan pemulihan selama dua tahun berikutnya”.

Pada bulan Maret, Federal Reserve (Fed) menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,75% – 5,0%. Seperti yang diharapkan di tengah gejolak perbankan. Sejak pertemuan tersebut, kekhawatiran perbankan mereda dan data inflasi yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan Indeks Harga Konsumen melambat menjadi 5% di bulan Maret. Terendah sejak Mei 2021; namun, suku bunga Inti naik tipis menjadi 5,6%. Risalah tersebut menunjukkan bahwa beberapa pejabat The Fed akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin. Jika tidak ada perkembangan di sektor perbankan.

Beberapa kata kunci yg menjadi perhatian aktor pasar :
————-

“Mengingat penilaian mereka terhadap potensi dampak ekonomi dari perkembangan sektor perbankan baru-baru ini. Proyeksi staf pada saat pertemuan bulan Maret termasuk resesi ringan yang dimulai akhir tahun ini, dengan pemulihan selama dua tahun ke depan.”

“Dalam menilai prospek ekonomi, para peserta mencatat bahwa sejak mereka bertemu di bulan Februari. Data inflasi, ketenagakerjaan, dan aktivitas ekonomi secara umum lebih kuat daripada yang diharapkan. Namun, mereka juga mencatat bahwa perkembangan di sektor perbankan yang terjadi di akhir periode pertemuan mempengaruhi pandangan mereka terhadap prospek ekonomi dan kebijakan serta ketidakpastian seputar prospek tersebut.”

“Para peserta setuju bahwa pasar tenaga kerja masih sangat ketat.”

“Semua peserta Komite Pasar Terbuka Federal setuju bahwa adalah tepat untuk menaikkan kisaran target suku bunga federal fund sebesar 25 basis poin menjadi 4¾ hingga 5 persen. Semua peserta juga setuju bahwa adalah tepat untuk melanjutkan proses pengurangan kepemilikan sekuritas Federal Reserve”

Sumber Minutes of the Federal Open Market Committee

Read more Data Inflasi Amerika