Yellen memperingatkan tentang ‘kekacauan ekonomi’

janet yellen

Yellen mengatakan bahwa Amerika Serikat telah menggunakan “langkah-langkah luar biasa” . Bukan sesuatu yang dapat terus dilakukan oleh Departemen Keuangan. Dia mengatakan Kongres perlu mengambil tindakan untuk menghindari “bencana ekonomi”.

Menteri Keuangan Janet Yellen pada hari Minggu mengatakan bahwa kegagalan untuk meningkatkan batas utang akan menyebabkan “penurunan ekonomi tajam” di Amerika Serikat. Ia mengulangi peringatannya bahwa Departemen Keuangan mungkin kehabisan langkah-langkah untuk membayar kewajiban utangnya pada bulan Juni.

“Proyeksi kami saat ini adalah bahwa pada awal Juni, akan ada hari di mana kami tidak dapat membayar tagihan kami kecuali Kongres meningkatkan batas utang. Ini adalah sesuatu yang sangat saya anjurkan kepada Kongres untuk lakukan,” kata Yellen kepada “This Week” di ABC.

“Telah disepakati secara luas bahwa kekacauan keuangan dan ekonomi akan terjadi,” kata Yellen.

Para anggota perlemen telah mencoba mencari jalan untuk meningkatkan atau menangguhkan batas utang. Akan memungkinkan Amerika Serikat membayar tagihan tepat waktu. Tetapi mereka saat ini terjebak dalam kebuntuan, yang meningkatkan kemungkinan kegagalan pembayaran.

Yellen telah menyerukan tindakan tegas, dan segera. Dalam surat kepada Ketua DPR Kevin McCarthy, R-Calif., pada hari Senin, Yellen mengatakan data baru tentang penerimaan pajak. Memaksa departemen tersebut untuk mempercepat perkiraannya tentang kapan Departemen Keuangan. “Tidak akan dapat melanjutkan pemenuhan semua kewajiban pemerintah” hingga potensial pada awal Juni. Tanggal ini lebih awal dari perkiraan ekonom Wall Street.

Pada hari Senin, Presiden Joe Biden menghubungi pemimpin kongres – Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, D-N.Y., Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, R-Ky., McCarthy, dan Pemimpin Demokrat DPR Hakeem Jeffries, N.Y. – untuk mengundang mereka ke pertemuan pada tanggal 9 Mei di Gedung Putih untuk membahas batas utang, kata seorang pejabat Gedung Putih.

Jeffries mengatakan pada hari Minggu bahwa pertemuan yang diorganisir oleh Biden sangat penting dan membantu Amerika Serikat.

“Kita harus menghindari kegagalan pembayaran, tanpa syarat,” katanya kepada “Meet the Press” di NBC.

Sumber ==> yellen-warns-of-economic-chaos

Info Penting ==>FOMC Press Conference