Inflasi Harga Konsumen Inggris April 2023

Inflasi Harga Konsumen Inggris April 2023

Menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) pada hari Rabu. Indeks Harga Konsumen (IHK) tahunan Inggris naik 8,7% di bulan April dibandingkan dengan lonjakan 10,1% tercatat di bulan Maret. Konsensus pasar adalah untuk kenaikan 8,2%.

Sementara itu, pengukur CPI Inti (tidak termasuk makanan yang mudah menguap dan barang-barang energi) meningkat 6,8% YoY bulan lalu, dibandingkan dengan kenaikan 6,2% yang terlihat di bulan Maret sekaligus mengalahkan ekspektasi kenaikan 6,2%.

Angka bulanan menunjukkan bahwa Indeks Harga Konsumen Inggris naik 1,2% di bulan Maret vs estimasi 0,8% dan 0,8% sebelumnya.

Harga listrik dan gas berkontribusi sebesar 1,42 poin persentase pada penurunan inflasi tahunan pada bulan April, karena kenaikan harga pada bulan April tahun lalu tidak lagi menjadi bagian dari perbandingan tahunan. Namun, komponen ini masih berkontribusi sebesar 1,01 poin persentase terhadap inflasi tahunan

Indeks Harga Ritel Inggris untuk bulan April melaju 1,5% MoM dan 11,4% YoY. Mengalahkan ekspektasi di seluruh jangka waktu.

Menteri Keuangan Inggris, Jeremy Hunt, mengatakan bahwa “angka-angka tersebut menegaskan kembali mengapa kita harus melanjutkan upaya kita untuk menurunkan inflasi.”

RESPON PASAR :
Sebagai reaksi awal terhadap angka CPI Inggris, pasangan GBP/USD melonjak hampir 20 pip untuk mencapai level tertinggi harian di 1.2466. Sebelum sedikit berbalik ke 1.2455, di mana pasangan ini sekarang bergejolak. Pasangan ini naik 0,32% pada hari ini.

(Source:consumer price inflation april2023)