Gas alam berjangka AS naik 4% saat produsen mengurangi pengeboran

minyak amerika mingguan

Gas alam berjangka AS naik 4% saat produsen mengurangi pengeboran

Kontrak gas alam AS naik sekitar 4% pada hari Jumat. Kekhawatiran produksi akan menurun setelah perusahaan energi minggu ini mengurangi jumlah rig pengeboran gas dengan jumlah terbanyak dalam tujuh tahun.
Jumlah rig gas, indikator awal produksi di masa depan, turun sebanyak 16 menjadi 141 pada minggu yang berakhir 12 Mei. Terendah sejak April 2022, menurut laporan perusahaan layanan energi, Baker Hughes Co. Penurunan rig gas mingguan tersebut adalah yang terbesar sejak Februari 2016.

Sebelum Baker Hughes merilis laporannya, harga gas hampir tidak berubah meskipun produksi AS mencapai rekor. Ekspor meningkat dari Kanada setelah kebakaran hutan. Dan ramalan cuaca hangat yang seharusnya menjaga permintaan tetap rendah. Memungkinkan utilitas untuk menyuntikkan lebih banyak gas ke dalam penyimpanan dibandingkan biasanya dalam beberapa minggu mendatang.
Kontrak gas futures untuk pengiriman Juni di New York Mercantile Exchange naik 7,6 sen, atau 3,5%, menjadi $2,266 per juta unit termal British (mmBtu).

Dalam satu minggu, kontrak ini naik sekitar 6% setelah turun sekitar 11% minggu lalu.
Di pasar spot, kurangnya permintaan akibat cuaca hangat menyebabkan harga gas keesokan harinya di PG&E Citygate NG-CG-PGE-SNL di Northern California turun ke level terendah sejak Juni 2021.
Penyedia data Refinitiv mengatakan produksi gas rata-rata di Lower 48 AS tetap pada 101,4 miliar kaki kubik per hari (bcfd) di bulan Mei. Menyamai rekor bulanan tertinggi pada April.

Permintaan gas naik

Jumlah gas yang mengalir dari Kanada ke AS diperkirakan tetap pada 7,6 bcfd selama tiga hari berturut-turut pada hari Jumat. Naik dari level terendah dalam 25 bulan yaitu 6,7 bcfd pada Minggu. Karena ada kebakaran hutan di Alberta menyebabkan beberapa produsen menutup produksi minyak dan gas serta aliran pipa.

Sejak awal tahun, Kanada telah mengekspor rata-rata 8,5 bcfd gas ke Amerika Serikat.
Meteorolog memproyeksikan cuaca di Lower 48 AS akan berubah dari level yang lebih hangat dari biasanya pada 12-17 Mei menjadi mendekati normal pada 18-27 Mei.

Refinitiv memperkirakan permintaan gas AS, termasuk ekspor, akan naik dari 91,2 bcfd minggu ini menjadi 91,9 bcfd minggu depan. Beberapa rumah dan bisnis menghidupkan AC mereka sebelum turun menjadi 90,1 bcfd dalam dua minggu saat cuaca menjadi lebih hangat.
Aliran gas ke tujuh pabrik ekspor LNG besar AS turun menjadi rata-rata 13,1 bcfd sejauh ini di bulan Mei, turun dari rekor 14,0 bc