First Republic Bank (FRC.N)

First Republic Bank

Tantangan First Republic Bank

—————
First Republic Bank (FRC.N) menghadapi tantangan berat untuk menumbuhkan kembali bisnisnya setelah kehilangan lebih dari separuh simpanannya. Para analis mengatakan pada hari Selasa. Sahamnya merosot 29% pada awal perdagangan dan mencapai rekor terendah setelah pendapatan kuartal pertamanya.

Pemberi pinjaman yang terkepung ini melaporkan penurunan deposito sebesar lebih dari $100 miliar pada kuartal ini. Setelah krisis terbesar yang melanda sektor perbankan sejak 2008.

Para analis di Wells Fargo mengatakan bahwa arus keluar deposito yang dilaporkan jauh lebih buruk daripada estimasi Wall Street dan berada di “level yang bisa jadi sangat sulit untuk kembali.”

Sorotan terhadap bank ini juga menarik perhatian para investor ritel. First Republic adalah saham yang paling banyak dipesan di platform Fidelity pada hari Senin, mengakhiri hari itu dengan kenaikan 12,2%, dengan perbandingan beli/jual 64%/36%.

Bank First Republic telah mengalami penarikan deposito sebesar $100 miliar. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor. Jarang bagi sebuah bank mengalami pengurangan deposito yang begitu signifikan. Artikel tersebut mencatat bahwa berita ini datang pada saat investor sudah merasa pesimis tentang kondisi industri perbankan regional. Karena kenaikan suku bunga dan persaingan yang meningkat sedang menekan laba.

Alasan di balik penarikan deposito, mungkin disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kekhawatiran tentang stabilitas bank, persaingan dari bank lain, dan perubahan preferensi pelanggan. Beberapa analis juga menyarankan bahwa penarikan deposito ini mungkin merupakan tanda masalah ekonomi yang lebih luas. Karena pelanggan menarik dana mereka dalam antisipasi kemunduran ekonomi.

Secara keseluruhan, artikel tersebut menunjukkan bahwa berita ini tidak hanya mengkhawatirkan bagi Bank First Republic. Tetapi juga bagi industri perbankan secara keseluruhan. Masih harus dilihat bagaimana bank dan industri secara keseluruhan akan merespon situasi ini, tetapi jelas bahwa investor akan dengan cermat mengamati perkembangan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Sumber ==> first-republics-100-bln-deposit-flight-jolts-investors-gloom-drags-regional-2023-04-25