Federal Open Market Komite

Federal Open Market Komite

Struktur Federal Open Market Komite (FOMC)

Federal Open Market Komite (FOMC) terdiri dari dua belas anggota – tujuh anggota Dewan Gubernur Federal Reserve System; presiden Federal Reserve Bank of New York; dan empat dari sebelas presiden Reserve Bank yang tersisa, yang menjalani masa jabatan satu tahun secara bergilir. Kursi bergilir diisi dari empat kelompok Bank berikut ini, satu presiden Bank dari setiap kelompok: Boston, Philadelphia, dan Richmond; Cleveland dan Chicago; Atlanta, St Louis, dan Dallas; dan Minneapolis, Kansas City, dan San Francisco. Presiden Bank yang tidak memiliki hak suara menghadiri pertemuan Komite, berpartisipasi dalam diskusi, dan berkontribusi pada penilaian Komite terhadap ekonomi dan opsi kebijakan.

Tentang FOMC :

Istilah “kebijakan moneter” mengacu pada tindakan yang dilakukan oleh bank sentral, seperti Federal Reserve, untuk memengaruhi ketersediaan dan biaya uang dan kredit untuk membantu mempromosikan tujuan ekonomi nasional. Undang-Undang Federal Reserve tahun 1913 memberikan tanggung jawab kepada Federal Reserve untuk menetapkan kebijakan moneter.

Federal Reserve mengendalikan tiga alat kebijakan moneter – operasi pasar terbuka, tingkat diskonto, dan persyaratan cadangan. Dewan Gubernur Federal Reserve System bertanggung jawab atas tingkat diskonto dan persyaratan cadangan, dan Komite Pasar Terbuka Federal bertanggung jawab atas operasi pasar terbuka. Dengan menggunakan ketiga alat tersebut, Federal Reserve mempengaruhi permintaan dan penawaran saldo yang disimpan oleh lembaga penyimpanan di Federal Reserve Banks dan dengan demikian mengubah suku bunga dana federal. Suku bunga dana federal adalah suku bunga di mana lembaga penyimpanan meminjamkan saldo di Federal Reserve kepada lembaga penyimpanan lainnya dalam semalam.

Perubahan suku bunga federal fund memicu rangkaian peristiwa yang memengaruhi suku bunga jangka pendek lainnya, nilai tukar mata uang asing, suku bunga jangka panjang, jumlah uang dan kredit, dan pada akhirnya, berbagai variabel ekonomi, termasuk lapangan kerja, output, dan harga barang dan jasa.

FOMC mengadakan delapan pertemuan terjadwal secara rutin per tahun. Pada pertemuan-pertemuan ini, Komite meninjau kondisi ekonomi dan keuangan, menentukan sikap kebijakan moneter yang tepat, dan menilai risiko terhadap tujuan jangka panjangnya yaitu stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai FOMC dan kebijakan moneter, lihat bagian 2 dari brosur ini mengenai struktur Federal Reserve System dan bab 2 mengenai Tujuan dan Fungsi Federal Reserve System. Peraturan dan Otorisasi Federal Open Market Komite juga tersedia secara online.

Anggota Komite 2023 : (Voting Member)

Jerome H. Powell, Dewan Gubernur, Ketua
John C. Williams, New York, Wakil Ketua
Michael S. Barr, Dewan Gubernur
Michelle W. Bowman, Dewan Gubernur
Lisa D. Cook, Dewan Gubernur
Austan D. Goolsbee, Chicago
Patrick Harker, Philadelphia
Philip N. Jefferson, Dewan Gubernur
Neel Kashkari, Minneapolis
Lorie K. Logan, Dallas
Christopher J. Waller, Dewan Gubernur

Anggota Pengganti : (Non Voting)
Thomas I. Barkin, Richmond
Raphael W. Bostic, Atlanta
Mary C. Daly, San Francisco
Loretta J. Mester, Cleveland
Sushmita Shukla, Wakil Presiden Pertama, New York

(Source==>https://www.federalreserve.gov/monetarypolicy/fomc.htm)

Info lain seputar FOMC ==>Minutes of the Federal Open Market Committee