Data Ekonomi

Pasar Saham Amerika

Data Ekonomi

Dolar mempertahankan kenaikan moderat terhadap mata uang lainnya pada hari Selasa, didukung oleh data ekonomi Amerika yang kuat, tetapi USD melemah terhadap pound Inggris.

Aktivitas bisnis di Amerika Serikat pada bulan Februari secara tak terduga melonjak ke level tertinggi delapan bulan. Meningkat menjadi 50,2 dari pembacaan akhir 46,8 pada bulan Januari, menurut laporan data ekonomi.
Pembacaan data PMI di atas 50 mengindikasikan ekspansi sementara pembacaan di bawah menandakan kontraksi.

Rilis data Services PMI yg kuat mengikuti data penjualan ritel yang kuat minggu lalu, pasar tenaga kerja dan produksi manufaktur. Menunjukkan momentum yang kuat dalam perekonomian di awal tahun.
Hal tersebit diatas menunjukkan sebagian besar ekonomi Amerika masih terbukti lebih tangguh dari yang diperkirakan, terutama sektor jasa. Tetapi pasar perumahan tetap belum aman yang dibuktikan dengan penurunan mengejutkan penjualan rumah yang ada
– Indeks dolar berada di 104,16, atau naik 0,25%, rebound dari penurunan awal hingga mendekati tertinggi hari ini di 104,26.
Emas melemah pada perdagangan hari Selasa kemarin, tertekan oleh penguatan Dolar Amerika dan naiknya Yields Obligasi Amerik. Para pelaku pasar juga tampak melakukan antisipasi terhadap data penting Amerika di sisa minggu ini.

Data ekonomi Makro Amerika

Data ekonomi Makro Amerika semalam di rilis positif, dan ikut memberi tekanan pelemahan pada emas.
– Emas spot di tutup turun 0,5% menjadi $1.832,78 per troy ounce.
– Emas berjangka Amerika tergelincir 0,4% menutup perdagangan harian di $1.842,50.

Indeks dolar menguat mendekati level tertinggi dalam enam minggu, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Yields Treasury 10 tahun-nan Amerika berada pada level tertinggi dalam lebih dari tiga bulan terakhir.

Pelemahan emas semalam adalah gerakan bearish di luar kekuatan pasar dan Anda juga memiliki penghindaran risiko yang lebih tajam di pasar yang pada perdagangan semalam bergerak melawan emas.

INFO PENTING Data Ekonomi Makro

OIL

OIL melemah pada perdagangan Selasa kemarin, dengan harga minyak Brent jatuh lebih dari 1% dalam pergerakan yg fluktuatif. Dikarenakan kekhawatiran yg kembali mencuat tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi global mengalahkan sentiment positif dari terbatasnya pasokan. Dan mendorong pelaku pasar energi untuk melakukan aksi taking profit dari kenaikan hari sebelumnya.

Fokus di pasar keuangan dengan tema USD yg masih dalam sentiment penguatan pada rilis risalah pertemuan terbaru Federal Reserve pada dini hari nanti. Meningkatkan risiko suku bunga tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama, dan ini menekan harga Oil.

Di awal sesi, pasar menguat, dengan Brent sempat berbalik positif. Setelah survei aktivitas bisnis yang lebih baik dari perkiraan di Eropa dan Inggris menunjukkan prospek ekonomi Eropa yang tidak seburuk dari yang ditakuti sebelumnya.
– Brent di tutup melemah sebesar $1,02, atau 1,2%, lebih rendah pada $83,05 per barel.
– West Texas Intermediate untuk bulan Maret, yang berakhir pada hari Selasa, turun 18 sen, atau 0,2%, menjadi $76,16 per barel. Kontrak bulan kedua tergelincir 19 sen, atau 0,2%, menjadi $76,27

Focus News :
– 02:00 | USD | FOMC Meeting Minutes

FOMC Meeting
*) F: Forecast (perkiraan) , P: Previous (sebelumnya)

Market Review

– NAR : penjualan rumah AS turun 0,7% di 4 juta unit pada Januari. Rata-rata harga meningkat 1,3% menjadi $359.000
– Presiden ECB Lagarde : tidak melihat spiral upah-harga di zona euro dan pertumbuhan upah adalah bagian dari ‘mengejar’. Inflasi utama melambat tetapi mereka tetap menaikkan suku bunga utama sebesar 50 basis poin pada pertemuan mendatang.
– Gedung Putih mengincar tiga mantan pejabat Departemen Keuangan pemerintahan Obama sebagai calon untuk Wakil Ketua Fed
– Uni Eropa mendekati paket sanksi ke-10 terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina dan pemerintah UE berharap mencapai kesepakatan pada Rabu. Untuk mengatasi perbedaan tentang larangan impor karet dan berlian Rusia.
– Presiden Rusia Putin : menegaskan melanjutkan serangan ke Ukraina. Upaya Rusia hanya untuk “membebaskan” warga Donbass (Ukraina Timur), agar bisa berbicara dengan bahasanya sendiri. Putin keluarkan peringatan kepada Barat dengan menangguhkan partisipasi Rusia dalam perjanjian pengendalian senjata nuklir. Putin tuduh Barat dan Ukraina memulai perang dengan ekspansi NATO dan sistem pertahanan anti-roket baru Eropa
– Iran akan menaikkan harga jual minyak mentahnya ke Asia bulan depan. Iran Light dijual $2 per barel di atas rata-rata Dubai/Oman pada bulan Maret, kenaikan $0,20 per barel dari harga Februari