DAILY FORECAST SELASA 13 DESEMBER 2022

Daily Forecast hari ini, Emas melemah pada hari Senin karena para pelaku pasar menunggu rilis data inflasi Amerika nanti malam dan keputusan kenaikan suku bunga Federal Reserve minggu ini.

CPI Amerika diperkirakan mengalami penurunan, baik dalam basis bulanan ataupun tahunan, demikian juga dengan Core CPI, di forecast menurun, menandakan inflasi di Amerika mulai mereda.

Bank sentral sementara secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan terakhir tahun 2022 yang dijadwalkan pada Kamis dini hari lusa.
– Emas spot turun 0,9% ke $1.780,19.
– Emas berjangka Amerika di tutup 1% lebih rendah pada $1.792,30.

Minyak Mentah

OIL melonjak naik sekitar $2 per barel pada hari Senin di tengah kegelisahan berkurangnya pasokan, karena pipa utama yang memasok Amerika Serikat ditutup dan Rusia mengancam pengurangan produksi bahkan ketika pembatasan COVID-19 yang dilonggarkan China mendukung prospek permintaan bahan bakar.

Potensi pemadaman berkepanjangan pipa minyak mentah Keystone Kanada ke Amerika membantu membalikkan harga.
Perbaikan Keystone Pipeline tampaknya memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Diperkirakan bisa meningkatkan kemungkinan penurunan stok lebih lanjut di Cushing penampungan minyak mentah.

Pelaku pasar energy khawatir tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan dan memulai kembali pipa minyak Keystone, setelah lebih dari 14.000 barel minyak bocor minggu lalu, tumpahan minyak mentah Amerika terbesar dalam hampir satu dekade.
– Brent berjangka di tutup $77,99 per barel, naik $1,89 atau 2,5%.
– West Texas Intermediate menutup perdagangan harian di $73,17 per barel, naik $2,15, atau 3%.

Focus News

– 18:00 | GBP | BoE Gov Bailey Speaks
– 20:30 | USD | CPI y/y ( F: 7,3% , P: 7,7% )
– 20:30 | USD | Core CPI y/y ( F: 6,1% , P: 6,3% )
*) F: Forecast (perkiraan) , P: Previous (sebelumnya)

Market Review :
– China bergerak menghentikan tindakan lockdown Covid-19, berhenti melacak beberapa perjalanan yang berpotensi mengurangi karantina. Shanghai turut mengumumkan bahwa mereka akan menganggap semua distrik sebagai “tidak berisiko Covid” mulai Selasa, 13 Desember

 

DAILY FORECAST SENIN 12 DESEMBER 2022