Bank Sentral perlu menaikkan suku bunga dua kali

Bank Sentral perlu menaikkan suku bunga dua kali

Presiden Federal Reserve Bank of St Louis James Bullard. Mengatakan bahwa ia memperkirakan bank sentral perlu menaikkan suku bunga dua kali lagi tahun ini untuk meredam inflasi.

“Saya rasa kita harus menaikkan suku bunga acuan lebih tinggi untuk menekan inflasi. Dan mengembalikan inflasi ke target secara tepat waktu,” ujarnya pada hari Senin dalam sebuah diskusi yang dimoderatori di sebuah acara di Fort Lauderdale, Florida.

“Saya sedang memikirkan dua langkah lagi tahun ini – persisnya di mana langkah tersebut akan dilakukan tahun ini. saya menyarankan untuk melakukan hal ini lebih cepat daripada nanti,” katanya pada sebuah forum keuangan American Gas Association.

Bullard merupakan pendukung awal kenaikan suku bunga yang agresif sebelum bank sentral mulai menaikkan biaya pinjaman tahun lalu. Dia tidak memberikan suara pada Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan kebijakan pada tahun 2023.

Para pembuat kebijakan menaikkan suku bunga secara agresif sejak awal tahun lalu. Membawa suku bunga acuan mereka ke kisaran 5% hingga 5,25% dari mendekati nol. Mereka melambat tahun ini, memberikan tiga kenaikan seperempat poin berturut-turut. Setelah menaikkan pada klip yang lebih cepat untuk sebagian besar tahun 2022. Beberapa pejabat telah mengisyaratkan dukungan untuk jeda pada pertemuan 13-14 Juni.

Kashkari dari The Fed Mengatakan bahwa Jeda atau Kenaikan Suku Bunga di Bulan Juni Adalah ‘Pilihan yang Dekat’

Maret

Para pejabat di bulan Maret memperkirakan suku bunga akan mencapai puncaknya di 5,1%. Menurut proyeksi median mereka dan mereka mencapai level tersebut di awal bulan ini. Perkiraan tersebut akan diperbarui pada pertemuan bulan Juni.

Bullard mengatakan bahwa proyeksi bulan Maret didasarkan pada ekonomi AS yang hampir tidak tumbuh dengan inflasi yang turun dengan cepat. Dan sebaliknya pertumbuhan cukup kuat dan tekanan harga tidak mendingin secepat yang diharapkan.

Itulah sebabnya ia berpendapat bahwa komite perlu menaikkan suku bunga lebih tinggi. Dengan tingkat pengangguran pada level terendah sejak 1960-an, adalah waktu yang tepat untuk bertindak.

“Selama pasar tenaga kerja sangat baik, ini waktu yang tepat untuk melawan inflasi. Mengembalikannya ke target,” katanya. “Selesaikan dan jangan sampai kita mengulang kejadian di tahun 1970-an.”

https://www.bnnbloomberg.ca/fed-s-bullard-sees-two-more-interest-rate-hikes-needed-in-2023-to-cool-prices-1.1923326


Federal Reserve Bank of Atlanta mempertahankan suku bunga