Argentina menggunakan mata uang Yuan

chinese yuan

pemerintah Argentina telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai membayar impor dari China dengan menggunakan mata uang yuan daripada dolar AS. Langkah ini dianggap sebagai cara untuk meningkatkan perdagangan dengan China. Dan mengurangi ketergantungan pada dolar AS.

Pada bulan April, Argentina akan membayar sekitar $1 miliar impor dari China dalam yuan, bukannya dalam dolar. Setelah itu sekitar $790 juta impor bulanan akan dibayarkan dalam yuan, sebuah sumber pernyataan pemerintah mengatakan.

China adalah mitra dagang terbesar Argentina dan perdagangan bilateral antara kedua negara mencapai $15,8 miliar pada tahun 2021. Dengan menggunakan yuan dalam pembayaran perdagangan bilateral ini. Argentina dapat menghindari fluktuasi nilai tukar yang merugikan mereka akibat dari pelemahan dolar AS dan memperkuat hubungan dagang dengan China.

Keputusan ini bertujuan untuk mengurangi arus keluar dolar, Menteri Ekonomi Sergio Massa mengatakan dalam sebuah acara setelah pertemuan dengan duta besar RRT, Zou Xiaoli. Dan juga perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor.

Keputusan ini diambil ketika negara Amerika Selatan ini berjuang melawan level kritis dalam cadangan dolarnya di tengah penurunan tajam ekspor pertanian. Yang disebabkan oleh kekeringan bersejarah, serta ketidakpastian politik menjelang pemilihan umum tahun ini.

Pada bulan November tahun lalu, Argentina memperluas pertukaran mata uang dengan RRT sebesar $5 miliar. Dalam rangka memperkuat cadangan devisa Argentina.

Perjanjian ini akan memungkinkan Argentina “untuk mengupayakan kemungkinan” untuk meningkatkan laju impor, Massa menambahkan, dengan pesanan impor dalam mata uang yuan akan diotorisasi dalam 90 hari, bukannya 180 hari seperti biasanya.

Namun, penggunaan mata uang yuan dalam perdagangan internasional juga memiliki risiko, seperti risiko likuiditas. Resiko perubahan nilai tukar yuan, dan risiko ketidakpastian politik. Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan kajian yang matang sebelum menerapkan kebijakan ini untuk memastikan manfaatnya lebih besar daripada risikonya.

Sources ==> argentina-govt-pay-chinese-imports-yuan

Baca Lagi ==>Data Ekonomi Awal April 2023