Strategi Range Harian Yang Menguntungkan

Strategi Range adalah salah satu yang di gemari oleh para trader profesional, manfaat strategi ini memanfaatkan rata-rata bulanan, mingguan dan harian. Banyak trader yang berpendapat bahwa jika pergerakan harga telah bergerak dan mencapai range waktu tertentu, maka waktu tersebut adalah range atau patokan yang cocok untuk membuka posisi.

Untuk mengidentifikasi range adalah dengan mengidentifikasi breakout atau pantulan harga secara bulak-balik, atau banyak trader yang mengidentifikasi pergerakan harga dengan pergerakan rata-rata harian pergerakan suatu matauuang.

Tabel rata- rata pergerakan harian mata uang major pairs.

Major Pairs Pips 
EURUSD 84.66 pips
GBPUSD 145.72 pips
AUDUSD 76.17 pips
NZDUSD 77.41 pips
USDJPY 118.82 pips
USDCHF 72.87 pips

Tabel berikut adalah rata-rata harian setiap pergerakan harga mata uang. tapi sayangnya tidak setiap hari rata-rata pergerakan haraga tidak semulus range yang sudah teridentifikasi. perlu pengolahan atau perlu di tambah dengan bantuan Trend.

Banyak trader beranggapan bahwa :

Jika harga  Bergerak naik dan mencapai rangenya / rata-rata pergerakannya maka saatnya jual / sell

dan sebaliknya Jika harga bergerak turun dan mencapai rangenya / rata-rata pergerakannya maka saatnya Beli / BUY

Justru pernyataan itu kurang tepat.

Berikut Contoh gambar kesalahan menggunakan Strategi range.

Seperti Contoh Gambar di atas merupakan contoh pergerakan rata-rata atau range minggunan. lihat blok merah . blok merah tersebut adalah rata-rata atau support timeframe mingguan. Jika anda membuaka open posisi sell di harga tersebut, anda akan kehilangan uang anda. maka berhati-berhatilah.

CARA BENAR MENGGUNAKAN STRATEGI RANGE HARIAN

Perlu di ingat Trend adalah teman, jadi untuk menggunakan strategi range anda jangan meninggalkan trend, dan tidak setiap range berjalan seperti yang anda kira. Inilah rahasia strategi range yang profitable yaitu menggunakan Trend. berikut tahap cara trading menggunakan Strategi range.

Tahap pertama. 

Carilah breakout / pergerakan harga yang relatif kecil, sama seperti sideways, kemunkinan harga akan terjadi bulak balik

Tahap Kedua.

Lihat Trend besar atau trend di timeframe yang lebih besar.

Jika dilihat pada gamabar di atas, trend sedang turun, maka kita memiliki patokan Range pada pergerakan harian kemunginan turun.

Tahap ketiga.

Jika patokan trend nya turun maka anda harus tandai support atau harga tertinggi sebelumnya. jika harga sudah di harga tersebut maka bersiap untuk open posisi, lalu identifikasi trend kecilnya.pindah kan timeframe anda pada timeframe lebih kecil.

Gunakan Strategi Price Action anda dan tarik garis dari resistance ke support jika harga di zona support dan menembus trendline anda bersiaplah untuk open posisi SELL.

Nah berikut cara trading menggunakan Strategi range, anda jangan melupakan trend range hanya perkiraan pergerakaan rata-rata tidak bisa digunakan untuk patokan membuka posisi trading anda. Gunakan selalu Trend, terima kasih sudah menyimak artikel Strategi Range dan tunggu artikel bermandaat berikutnya.