Jackson Hole Simposium Sikap Dovish The FED

 

Sikap Dovish🕊️ The FED

Kedua unggas tersebut menjadi analogi mengenai “sifat” atau “sikap” sebuah pernyataan atau komentar. Hawkish (hawk) ; garang dan tegas. Dovish (dove) ; lembut dan tenang. Ketika *sebuah komentar dianggap memiliki ketegasan akan sebuah perubahan* disertai informasi mengenai waktu dan jumlah, maka sering dikaitkan dengan Hawkish.

Sebaliknya, *bila sebuah pernyataan atau komentar kurang memiliki ketegasan tanpa disertai informasi jelas yg berkaitan dengan timing dan jumlah*, maka sering dikaitkan dengan Dovish .

* US Dolar turun tajam pada perdagangan hari Jumat minggu kemarin, tertekan oleh pernyataan dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell yg secara umum di anggap Dovish, tidak jauh berbeda engan komentar / pernyataannya dari event FOMC sebelumnya.
Berbicara dalam Simposium Jackson Hole, Powell mengatakan, para pembuat kebijakan percaya bahwa mungkin tepat untuk mulai pengetatan tahun ini, mencatat kemajuan dalam sektor ketenagakerjaan tetapi juga menambahkan penyebaran varian Delta yang mengkhawatirkan. “Kami akan hati-hati menilai data yang masuk dan risiko yang berkembang,” katanya. Komentar yang cukup dovish yang membuat pasar saham naik dan dolar turun.
Selain itu, salah satu pernyataan Powell yg menjadi perhatian adalah bahwa Pengetatan tidak akan terkait dengan kenaikan Suku Bunga.

Dow Jones ditutup naik 0,69%, S&P 500 ditutup naik 0,88%, Nasdaq ditutup naik 1,23%.
Yield 10 tahun-nan turun menjadi 1,310%, turun dari 1,341% yg tercetaj sebelum komentar Powells dirilis. Yields sempat mencapai High dua minggu-an di 1,375% pada hari Kamis minggu lalu.
Indeks dolar turun 0,42% menjadi 92,6540.

* Euro menguat terhadap dolar pada hari Jumat setelah Pernyataan yg cenderung Dovish dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell. Dia awal sesi Aeropa, laporan Import Jerman yg positif menjadi penopang penguatan Euro
GER Import Prices m/m di Rilis 2.2%, melebihi Perkiraan 1.2% bahkan melebihi Last 1.6%.
Euro juga sempar terayun melemah saat data ekonomi Amerika di rilis di awal sesi Amerika.

* Poundsterling melonjak 0.5% terhadap dolar ke level tertinggi dalam 1 minggu terakhir pada hari Jumat dan mencatatkan kenaikan mingguan sebesar 1%. Penguatan Pounds Jumat kemarin di topang oleh melemahnya USD yg terpukul oleh pernyataan Dovis Jerome Powell pada simposium Jackson Hole

Victory Edukasi Forex